Senin, April 05, 2010

UAN oh UAN


UAN alias UN yang selalu bikin deg-deg-srrr… sudah berlalu. Walau sebelumnya sempat terjadi pro-kontra tentang pelaksanaan UAN, bahkan MK telah mengatakan tidak ada UAN, nyatanya UAN tetap berjalan seperti tahun-tahun sebelumnya.
Kendati pun demikian, masih saja ada peristiwa-peristiwa memprihatinkan yang mengiringi pelaksanaan UAN, mulai dari kesalahan soal (sebagaimana yang terjadi di Bali), markus kunci jawaban, hingga kasus bunuh diri di belakang sekolah. Entah apa sebenarnya yang menjadi penyebab terjadinya masalah-masalah di atas, yang pasti peristiwa-peristiwa tersebut tidak hanya terjadi sekali dua, melainkan sudah puluhan kali dalam beberapa tahun terakhir.
Terlepas dari semua oknum-oknum yang memperburuk citra dan kondisi bangsa Indonesia -- terutama para generasi muda --, kesadaran masyarakat sendiri sepertinya diuji dengan kondisi ini. Menganggap bahwa banyaknya fenomena yang terjadi adalah suatu rahasia umum yang wajar, sehingga mereka menyikapinya dengan acuh tak acuh. Ataupun ada beberapa pihak yang ikut merasa prihatin tetapi tidak bisa melakukan apa-apa. Hal ini tentu saja semakin memperburuk keadaan. Yang menjadi masalah adalah, apakah jika suatu saat nanti UAN benar-benar ditiadakan, masalah-masalah di atas juga akan hilang? Atau justru ia dapat terus-menerus survive di segala kondisi dan zaman? Kitalah yang menjadi kunci jawaban atas masalah ini.



2 komentar:

Home Improvement Resources mengatakan...

Bagi yg ikut UAN semoga sukses aja deh

man_nglawak mengatakan...

masih pada deg-degan sebelum tgl 26 april.

Posting Komentar

TAFADZOL-TAFADZOL!!!