Selasa, April 06, 2010

KETRAMPILAN MENJELASKAN (EXPLAINING SKILL)

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu Proses Belajar Mengajar (PBM). Salah satu faktor yang sangat berpengaruh adalah faktor pendidik. Dimana seringkali pendidik dijadikan sasaran utama jika suatu pendidikan mengalami kegagalan atau pun keberhasilan.
Seorang pendidik tidak hanya cukup memiliki pengetahuan luas mengenai materi ajar, melainkan pula harus mampu menyampaikannya secara baik kepada peserta didik agar mereka mampu menangkap materi serta nilai-nilai yang ditransformasikan. Agar hal tersebut dapat terlaksana, maka seorang pendidik haruslah memiliki dan serta menguasai Ketrampilan Menjelaskan (explaining skill).

Pengertian
Ketrampilan menjelaskan dalam pembelajaran ialah ketrampilan menyajikan informasi secara lisan mengenai suatu bahan pelajaran yang disampaikan secara sistematis untuk menunjukkan adanya hubungan antara satu bagian dengan bagian lainnya sehingga memudahkan siswa untuk memahami bahan pelajaran misalnya antara sebab dan akibat, definisi dengan contoh atau sesuatu yang belum diketahui (Hasibuan, dkk :1994)
Dengan demikian pemberian penjelasan merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Interaksi di dalam kelas cenderung dipenuhi kegiatan menjelaskan, baik oleh guru sendiri, oleh guru dan siswa, atau antara siswa dengan siswa.

Prinsip penggunaan ketrampilan menjelaskan:

  • Penjelasan dapat diberikan di awal, di tengah atau di akhir pelajaran
  • Penjelasan harus relevan dengan tujuan pembelajaran
  • Guru dapat memberikan penjelasan apabila ada pertanyaan dari siswa atau diperlukan oleh guru untuk menjelaskan. Ini berarti tidak semua topik atau bahan pelajaran harus dijelaskan guru.
  • Materi penjelasan harus bermakna bagi siswa
  • Penjelasan harus sesuai dengan latar belakang kemampuan dan karakteristik siswa terutama dalam hal penggunaan bahasa.

Komponen-Komponen Dasar Ketrampilan Menjelaskan
Ada beberapa komponen dalam ketrampilan menjelaskan (Marno,dkk:2008)
Komponen Perencanaan
Penjelasan yang diberikan oleh guru perlu dipersiapkan dengan perencanaan yang baik. Dalam merencanakan suatu penjelasan, ada dua hal yang perlu diperhatikan:

1. Perencanaan isi
Dalam merencanakan isi penjelasan yang akan disampaikan, guru perlu mengadakan:
a). Analisis pengertian yang akan dijelaskan
Untuk menjelaskan suatu pengertian dapat menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Tentukan pengertian yang perlu di terangkan serta devinisinya
  • Carilah cirri-ciri khas atau unsur-unsur pokok yang relevan
  • Berikan contoh-contohnya
  • Carilah contoh penerapan-penerapan untuk latihan atau evaluasi untuk mengecek daya tangkap siswa

b). Analisis pokok persoalan yang hendak dijelaskan
Langkah-langkah pokok dalam merencanakan suatu penjelasan:

  • Menjelaskan hal yang perlu dijelaskan
  • Menegaskan hubungan atau manfaat dengan menunjukkan jenis atau sifat hubungan yang terdapat dalam unsur-unsur tersebut
  • Menegaskan prinsip umum yang melandasi hubungan tersebut dan yang dapat diterapkan atau ditransfer ke bidang yang lebih luas

2. Penerimaan oleh Murid
Penjelasan yang disampaikan tergantung pada kesiapan anak yang mendengarkannya. Hal ini berkaitan dengan jenis kelamin, usia, kemampuan, latar belakang sosial dan lingkungan belajar. Oleh karena itu dalam merencanakan suatu penjelasan harus selalu mempertimbangkan faktor-faktor tersebut.

Komponen Pelaksanaan
Setelah merencanakan penjelasan yang baik, pelaksanaan akan baik pula. Mutu pelaksanaan dapat ditingkatkan dengan :

  1. Orientasi atau Pengarahan
    Dengan memberikan orientasi berarti mengantarkan siswa pada pokok persoalan yang akan dibahas dan menempatkan penjelasan yang akan disampaikan itu dalam suatu kerangka yang lebih luas.
  2. Bahasa yang Sederhana
    Penjelasan hendaknya diberikan dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh siswa. Hindari penggunaan berbagai ucapan dan istilah yang tidak dimengerti oleh siswa
  3. Penggunaan Contoh atau Ilustrasi
    Dalam memberikan penjelasan sebaiknya menggunakan contoh-contoh yang ada hubungannya dan dapat ditemui siswa dalam kehidupan sehari-hari
  4. Pemberian Tekanan
    Dalam memberikan penjelasan, guru harus mengarahkan perhatian siswa agar terpusat pada masalah pokok dan mengurangi informasi yang tidak penting
  5. Variasi
    Sesekali perlu pula diselingi informasi lain yang ringan dan lucu pada situasi yang kurang menguntungkan seperti siang, panas, materi sulit, dan sebagainya. Variasi juga berlaku dalam penggunaan metode dan alat peraga.
  6. Feed Back atau umpan Balik
    Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan keraguannya ketika pelajaran berlangsung dengan mengajukan pertanyaan. Perhatikan mimik serta tingkah mereka saat penjelasan berlangsung, sehingga guru dapat mengadakan penyesuaian.

Tujuan Ketrampilan Menjelaskan

  1. Membimbing siswa memahami materi yang dipelajari
  2. Melibatkan siswa untuk berpikir dalam menyelesaikan berbagai masalah
  3. Memberikan balikan kepada siswa mengenai tingkat pemahamannya serta untuk mengatasi kesalahpahaman mereka
  4. Membimbing siswa untuk lebih menghayati, mengembangkan penalaran, seta menggunakan bukti-bukti dalam pemecahan masalah
  5. Membantu siswa untuk memahami hukum, dalil, serta prinsip-prinsip umum secara objektif dan bernalar.

11 komentar:

Cheat Point Blank mengatakan...

blog anak pinter nihh salam kenal ya

HAPIA Mesir mengatakan...

test komeng dl...

test test...

Hery Prasetyo mengatakan...

test lagi ni pake account....

Bugis Blog mengatakan...

Mantap sob.......... senang rasanya sharing informasi dengan "oemar bakri".......... semoga semakin banyak "Guru Go Blog"

BeDa mengatakan...

Semoga dengan artikel ini pencapaian 5 tujuan Explaining Skill bisa tercapai

akhatam mengatakan...

Nah info begini penting diperhatikan bagi para Pendidik, khususnya Guru. Bagaimana cara menciptakan suasana Kondusif dan Kenyamanan serta Respektif siswa kepada Sang Guru.. Dan tergantung pintar2nya guru dalam mengambil alih perhatian siswa..

Sungguh artikel yang sangat bagus sobat.. Tx

ummy nafie mengatakan...

@ Cheat Point Blank
salam kenal jg..

ummy nafie mengatakan...

@ HAPIA Mesir
kholas akhy.. kodex ad yg khapus rupax!

ummy nafie mengatakan...

@ Bugis Blog
ni anakx oemar bakrie. hehee...

ummy nafie mengatakan...

@ BeDa
z sob.. semoga profesionalisme guru tidak sekedar di jenjang akademik saja.

ummy nafie mengatakan...

@ akhatam
tul tu.. biar frekuensi "Indonesian island creator" agk bkurang. hehe...thx bro!!

Posting Komentar

TAFADZOL-TAFADZOL!!!