Selasa, November 10, 2009

SEPULUH KEBIASAAN MERUSAK OTAK

Otak merupakan bagian penting dalam tubuh kita. Sebagaimana bagian tubuh lainnya, otak juga bisa mengalami kerusakan. Mengingat vitalnya kerja otak, maka sedini mungkin kita harus bisa mengatur otak kita agar tetap fresh. Selain itu, kita juga perlu menghindari kebiasaan yang dapat merusak otak. Di bawah ini beberapa kebiasaan yang bisa membuat otak cepat rusak.

  • Tidak mau sarapan
    Banyak orang yang menyepelekan sarapan. Padahal tidak mengonsumsi apapun di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya pasokan nutrisi pada otak yang pada akhirnya berakibat pada kemunduran kinerja otak. Sarapan yang terbaik di pagi hari bukanlah makanan berat seperti nasgor special, tetapi cukup air putih atau segelas jus segar yang ringkas dan berguna bagi tubuh
  • Kebanyakan makan
    Terlalu banyak makan mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun orang pada penurunan kekuatan mental. Jadi makanlah dalam porsi yang normal. Biasakan Manahan diri dengan cara berhenti makan sebelum kenyang.
  • Merokok
    Selain berbagai efek buruk yang ditimbulkan oleh rokok sebagaimana lazim diketahui orang banyak, merokok ternyata juga membawa dampak yang sangat mengerikan pada otak. Merokok dapat menyebabkan otak manusia lama-kelamaan semakin menyusut dan pada akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya sehingga seseorang menjadi rentan Alzheimer.
  • Terlalu banyak mengonsumsi gula
    Terlalu banyak asupan gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi, sehingga tubuh menjadi kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu.
  • Polusi udara
    Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.
  • Kurang tidur
    Tidak memberikan otak untuk istirahat membuat sel-sel otak menjadi mati kelelahan, tetapi jangan juga kebanyakan tidur karena bisa menjadikan Anda malas dan lamban. Sebaiknya tidur 6-8 jam sehari agar sehat dan bugar.
  • Menutup kepala ketika sedang tidur
    Tidur dengan kepala tertutup merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi di otak sehingga otak tercemar. Jangan heran kalau lama kelamaan otak menjadi rusak.
  • Berpikir terlalu keras ketika sedang sakit
    Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakaktifan otak. Hal seharusnya dilakukan adalah istirahat total dan jangan memforsir otak terlalu keras.
  • Kurangnya stimulasi otak
    Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurangnya berpikir akan membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi secara optimal. Rajin membaca, mendengar musik, dan bermain (catur, serabble, dll) membuat otak Anda terbiasa berpikir dan kreatif.
  • Jarang bicara
    Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kerja otak. Jadi jangan terlalu bagga menjadi pendiam. Obrolan yang bermutu sangat baik untuk kesehatan otak.


7 komentar:

Laskar Madura mengatakan...

waduh, kok ada di aku semua ya???
kecuali yang point ke sepuluh gak punya aku...
he he...
-------------------------------------------------
ada tips untuk mengatasi masalah di atas bos???

Adnan Ashari mengatakan...

kalo untuk mempercerdas otak, ada tipsnya gak bos? (denadnan.blogspot.com)

Kang Marno mengatakan...

bagus nih artieklnya sob, ditunggul ya artikel yang lainnya

AeRZ mengatakan...

Satu lgi kayakx,,,,kebanyakan maksiat jg merusak otak....hihi...

man_nglawak mengatakan...

@AeRZ>> wohoho....bunur banget sob ^_^

man_nglawak mengatakan...

@mas adi>> z tinggal jalanin kbalikannya az to mas...wekekkek
@denAdnan>> ad den...Insya4JJ1 laen kale dposting.
@kang marno>> atur nuhun kang...selamat mnunggu az z... hehe^_^

Anonim mengatakan...

nice info gan///.... kunjungi blog ane http://www.facebook.com/Rahmatdi99Blogs

atau http://rahmatdi99.blogspot.com

Posting Komentar

TAFADZOL-TAFADZOL!!!